Badi dan Kusni Juara I Lomba Cipta Logo dan Maskot Porwil Sumatera X

BENGKULU– Badi Hari Suki dari Lumajang, Jawa Timur berhasil terpilih sebagai juara I lomba cipta logo Porwil  Sumatera X yang akan digelar di Bengkulu 2019 mendatang. Sedangkan juara I lomba cipta maskot direbut Muhammad Kusni, SSn dari Cimahi, Jawa Barat.

Sedangkan juara II cipta logo diraih Ahmad Dani dari Kota Bengkulu dan juara II cipta maskod dimenangi, Ade Kurnia Hidayat dari Sumedang, Jawa Barat.

Lomba cipta logo dan maskot Porwil  Sumatera X ini diselenggarakan di Bengkulu, 13 – 29 September 2018.

Para juara berhak mendapatkan hadiah berupa uang tunai dari piagam. Juara I mendapatkan uang tunai Rp 7,5 juta dan piagam penghargaan. Sedangkan juara II mendapat uang tunai Rp 5 juta dan piagam.

Juara I Kategori Logo PORWIL SUMATERA X

‘’Sejak 30 September 2018, panitia dan juri melakukan penilaian terhadap 200 karya peserta lomba cipta logo dan maskot Porwil  Sumatera X. Hasilnya, tim penilai  menetapkan 2 pemenang lomba cipta logo dan 2 pemenang cipta maskot Porwil  Sumatera X,’’ jelas Kepala Dinas Pemuda dan Olahraga Provinsi Bengkulu, Meri Sasdi Jantan, Rabu, (3/10).

Dikatakan, peserta lomba tercatat sebanyak 200 peserta yang berasal dari Papua, Sulawesi, Kalimantan, Jawa, Bali dan Sumatera,” ujar Meri Sasdi.

Dikatakan, penilaian logo dan maskot  dibagi dalam beberapa kriteria. Mulai dari gambaran pelaksanaan Porwil, kearifan lokal dan potensi Provinsi Bengkulu. Serta kesesuaian antara tematik yang telah ditetapkan. Termasuk filosofi logo dan maskot, unsur estetika, bentuk dan warna (maksimal 3 warna), menarik dan mudah diaplikasikan ke berbagai media.

“Selama proses penjurian, kami berusaha bekerja maksimal dan menentukan yang terbaik serta sesuai kriteria yang telah ditetapkan. Kami ucapkan selamat kepada para pemenang dan bagi yang belum berhasil, kami harap terus berkarya,” jelas salah satu dewan juri, Dr. Susetyo, M.Pd dari Universitas Bengkulu.

Sayembara ini mengusung tema “Spirit of Sumatera, Berprestasi di Bumi Rafflesia”. Khusus untuk kategori maskot berupa fauna asli Bengkulu yaitu beruang madu.

Dipilihnya beruang madu sebagai maskot Porwil Sumatera X, untuk mengangkat kearifan lokal Bumi Rafflesia serta memperkenalkan fauna endemik Provinsi Bengkulu. (rls)

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

*