Bupati Kepahiang, Dr.Ir.Hidayatullah Sjahid, MM menyerahkan dokumen RAPBD-P 2018 kepada Ketua DPRD, H.Badarudin, Rabu, 12 September 2018. (foto.rahman jasin)

RAPBD-P Kepahiang Defisit Rp 27,8 Miliar

KEPAHIANG– Bupati Kepahiang, Dr.Ir.Hidayatullah Sjahid, MM menyampaikan dokumen RAPBD-P 2018 dalam sidang paripurna DPRD Kepahiang, Rabu, (12/9).

Dalam sidang paripurna yang dipimpin Ketua DPRD, H.Badarudin  itu, Bupati menjelaskan RAPBD-P disusun dengan mempedomani Permendagri No.33 Tahun 2017. Serta mengacu pada PPAS Kepahiang tahun 2018.

‘’Sektor pendapatan asli daerah mengalami pengurangan dari Rp 37,5 miliar menjadi Rp 36,6 miliar. Sektor dana perimbangan tidak berubah. Sedangkan sektor penerimaan pembiayaan juga berkurang dari Rp 31,9 miliar menjadi Rp 27,2 miliar,’’ kata Bupati.

Sedangkan sektor belanja  daerah terdapat pengurangan dari Rp 721,9 miliar menjadi Rp 718,9 miliar.

‘’Dalam RAPBD-P ini terdapat pergeseran dan pengurangan antar program dan kegiatan OPD. Kita juga mengimbau seluruh OPD untuk mengerahkan daya upaya dan memanfaatkan sumber daya yang dialami secara efektif efisien dalam mencapai target PAD,’’ jelas Bupati.

Dikatakan, RAPBD-P 2018 terdiri dari pendapatan daerah Rp 691,1 miliar, belanja daerah Rp 718,9 miliar. Sehingga terjadi defisit Rp 27,8 miliar.

Pembiayaan terdiri dari penerimaan pembiayaan daerah Rp 27,2 miliar dan pengeluaran pembiayaan daerah Rp 1 miliar. Serta pembiayaan netto Rp 26,2 miliar.

‘’Pembiayan netto Rp 26,2 miliar belum bisa menutupi defisit sebesar Rp 27,8 miliar. Untuk itu, kami berharap dalam pembahasan selanjutnya dapat menghasilkan solusi sehingga defisit dapat ditutup,’’ demikian Bupati.

Usai sidang paripurna DPRD Kepahiang langsung menggelar rapat gabungan komisi membahas RAPBD-P yang disampaikan Bupati. Serta dilanjutkan paripurna pemandangan umum fraksi-fraksi atas RAPBD-P.

‘’Kita berusaha membahas RAPBD-P 2018 ini secara marathon. Sehingga RAPBD-P ini dapat dengan cepat disahkan menjadi PABD-P dan pelaksanaan pembangunan daerah dapat berjalan sesuai target,’’ ungkap Ketua DPRD Kepahiang, H. Badarudin. (rjs)

 

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

*