Bupati Rejang Lebong, HA.Hijazi pukul bedug tanda MTQ ke-45 dibuka, Selasa, 11 September 2018. (foto.rahman jasin)

Pukul Bedug Bupati Buka MTQ dan Festival Budaya Islam

REJANG LEBONG-MTQ ke-45 dan festival budaya Islam dibuka Bupati Rejang Lebong, HA.Hijazi pukul 10.00 WIB, Selasa, (11/9).

Upacara pembukaan MTQ yang dipusatkan di Lapangan Dwi Tunggal Curup, 11 – 15 September 2018  itu ditandai dengan pukulan bedug yang yang lakukan Bupati didampingi Ketua DPRD, M.Ali, Wabup, Iqbal Bastari, Sekdakab, RA Denni serta Ass.I Setdakab, Pranoto Majid selaku ketua panitia. Pembukaan MTQ ini dihadiri sekitar 7000-an ASN, pelajar, mahasiswa dan masyarakat.

‘’MTQ ke-45 ini dilaksanakan untuk memeriahkan perayaan Tahun Baru Islam, 1 Muharam 1440 H. Lomba di selenggarakan beberapa lokasi.Seperti Masjid Agung Baitul Makmur, panggung utama, pangung II Lapangan Dwi Tunggal, Masjid Darussalam Kelurahan Air Rambai, Masjid Nurul Huda Kelurahan Adirejo. Serta ruang kelas SMPN5, SMPN 1 dan SMAN1 Curup,’’ jelas Pranoto Majid.

Bupati Rejang Lebong, HA.Hijazi dan istri menghadiri pembukaan MTQ ke-45, Selasa, 11 September 2018. (foto.rahman jasin)

Dikatakan, rangkaian lomba MTQ ke-45 terdiri dari, tilawah, Hifzil qur’an, fahmil qur’an, Syarhil qur’an, khattil,  makalah ilmiah qur’an.

‘’Sedangkan festival budaya Islam berupa lomba syarafal anam, lomba hadram lomba Pildacil, lomba qasidah, lomba nasyid, lomba azan dan lomba pawai ta’aruf,’’ tutur Pranoto.

Peserta MTQ terdiri dari 15 kafilah kecamatan. Khusus festival budaya Islam diikuti 15 kecamatan dan dinas instansi jajaran Pemkab Rejang Lebong. ‘’Para juara MTQ akan diikutkan dalam seleksi MTQ tingkat Provinsi Bengkulu,’’ ujar Pranoto.

Sementara Bupati Kepahiang, HA.Hijazi, menjelaskan bahwa Al qur’an merupakan pedoman dan jalan yang lurus untuk umat Islam.

Ketua DPRD Rejang Lebong, M.Ali, ST dan Wabup, Iqbal Bastari, SPd,MM menghadiri pembukaan MTQ ke-45, Selasa, 11 September 2018. (foto.rahman jasin)

‘’Pelaksanaan MTQ ini merupakan salah satu upaya kita dalam melakukan syiar Islam di Rejang Lebong. Sekaligus menjadi tonggak peningkatan nilai-nilai keimanan dan ketaqwaan umat Islam di Rejang Lebong. Khususnya dalam memahami dan mendalami kandungan makna Al qur’an,’’ kata Bupati.

Bupati juga berharap, MTQ ke-45 ini mampu melahirkan qori’ dan qori’ah terbaik yang akan diikutkan dalam MTQ tingkat provinsi. Sedangkan juara aneka lomba festival budaya Islam ini juga mampu mendukung pelestarian nilai-nilai budaya Islam di Rejang Lebong.

Sebelumnya, bupati juga melepas ribuan peserta pawai ta’aruf jalan kaki dan kendaraan hias. (rjs/adv)

 

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

*