Pangdam II Sriwijaya Mayjend. TNI, AM Putranto bersama prajurit Yonif 144 Jaya Yudha Curup, Jum'at, 6 Juli 2018.

Pangdam Kunjungi Yonif 144 Jaya Yudha

REJANG LEBONG– Prajurit Batalyon Infanteri (Yonif) 144 Jaya Yudha Curup, Rejang Lebong, segera diturunkan untuk menjaga dan mengamankan perbatasan negara antara RI-Malaysia di Kalimantan.

Persiapan keberangkatan prajurit Yonif 144 Jaya Yudha it dikunjungi Pangdam II Sriwijaya Mayjend. TNI, AM Putranto, Jum’at, (6/7).

Usai meninjau dan memberikan pengarahan kepada para prajurit Pangdam menjelaskan, prajurit yang akan dikirim menjaga perbatasan negara itu sebanyak 450 orang dengan masa penugasan 9 bulan.

‘’Saya datang kesini untuk memeriksa kesiapan akhir prajurit Yonif144 Jaya Yudha Curup yang akan diberangkatkan ke daerah perbatasan dalam waktu dekat ini,’’ ujarnya.

Pangdam II Sriwijaya Mayjend. TNI, AM Putranto saat memberikan pembinaan prajurit Yonif 144 Jaya Curup, Jum’at, 6 Juli 2018.

Pangdam berharap, prajurit TNI yang akan berangkat mengamankan perbatasan Indonesia dengan Malaysia ini memahami tugas-tugas yang akan mereka laksanakan di wilayah Provinsi Kalimantan Timur dan Kalimantan Utara tersebut, karena ada hal-hal yang boleh dilakukan dan tidak.

‘’Tadi saya sudah sampaikan kepada mereka, karena semuanya sudah pernah saya lewati, termasuk pengalaman saya saat pengamanan pasukan PBB. Jadi harus dipahami ada hal-hal yang harus dilakukan dan apa yang tidak boleh dilakukan,’’ katanya.

Prajurit Yonif 144 Jaya Yudha Curup ini nantinya kata Pangdam, akan bertugas dalam wilayah yang cukup luas dengan kontur berbukitan. Luasan wilayah yang akan di jaga mencapai 500 KM dengan melewati 2 provinsi yakni Provinsi Kalimantan Timur dan Kalimantan Utara.

Dirinya menekankan, tugas pasukan Pamtas RI-Malaysia itu nantinya dapat mengantisipasi kemungkinan adanya kegiatan-kegiatan ilegal seperti penyelundupan, ilegal logging dan lainnya. Prajurit TNI dalam operasi ini tidak terlibat atau membantu kegiatan illegal itu, karena bisa dikenakan sanksi berat.(rjs)

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

*