Ngaku Polisi Coba Tipu Warga

BENGKULU UTARA – Ngaku polisi berpangkat  Brigadir dari Polda Jawa Barat, Dandi  coba memperdayai warga Desa Rama Agung, Arga Makmur, Bengkulu Utara melalui media sosial (medsos).

Modusnya,  memposting foto kamera DLSR Canon 700 di medsos dengan penjelasan ‘’dijual’’ Rp 2 juta.  Melihat postingan itu, Fi (32) warga Desa Rama Agung kontan tertarik. Komunikasipun mulai dijalin melalui HP Dandi No 082195332617.

‘’Saat itu, dia menjelaskan sedang butuh uang untuk biaya persalinan istrinya. Makanya, kamera seharga Rp 8 juta itu dijual Rp 2 juta,’’ ujar Fi.

Untuk meyakinkan Fi, laki-laki yang mengaku polisi itu langsung mengirimkan foto kartu tanda anggota (KTA) Polri atas nama Brigadir Dandi NRP Polda Jawa Barat Nomor 85064880. Serta nomor KTA 6013 0106 2447 8534.

Menariknya, foto Dandi dalam KTA yang mengenakan seragam Polri itu terlihat tersenyum lebar. ‘’Awalnya, saya sempat yakin bahwa dia benar-benar polisi. Tapi, setelah melihat foto di KTA-nya yang tersenyum lebar itu saya mulai curiga. Sepertinya gaya itu tidak lazim,’’ tutur Fi.

Untuk lebih meyakinkan Fi, oknum polisi gadungan itu juga mengirimkan foto KTP miliknya. Di KTP itu tertera nama Dandi NIK 3203241146694004, Keluaran Provinsi DKI Jakarta Timur. Tempat dan tanggal lahir di Surabaya, 5 Mei 1987. Alamat Jalan Batu Ampar 3 Codet RT 15 RW 008, Kelurahan Cililitan Kecamatan Kramat Jati.

‘’Karena kecurigaan saya semakin kuat, maka, saya langsung memutuskan transaksi jual beli kamera melalui medsos itu. Lalu, sayapun melaporkannya ke Polres Bengkulu Utara. Saya berharap masyarakat tidak ikut terpedaya dengan aksi penipuan yang dilakukannya,’’ kata Fi.

Sementara Kapolres Bengkulu Utara, AKBP. Ariefaldi Warganegara, S.Ik melalui Humas Ops Polres, Iptu. Haryanto, menjelaskan bahwa Fi telah melaporkan aksi penipuan yang disebutkan dilakukan orang yang mengaku bernama Brigadir Dandi.

‘’Kami berharap masyarakat dapat lebih cerdas dalam melakukan transaksi melalui medsos. Walaupun pelakunya mengaku-ngaku sebagai anggota Polri. Jika menemukan hal serupa segera laporkan ke polisi terdekat,’’ kata Haryanto. (P-05)

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

*