Plt Ketua TP PKK Prov, Derta Wahyulin dikebun percontohan sayuran hidoponik.

PKK Prov Panen Sayuran Hidroponik

BENGKULU –Plt. Ketua TP PKK Provinsi, Derta Wahyulin bbersama pengurus panen perdana sayur-sayuran yang ditanam dengan sistem hidroponik, Selasa, (17/4).

Tanaman sayuran ini ditanam di kebun pusat edukasi PKK yang memanfaatkan perkarangan Kantor Tim Penggerak PKK Provinsi di Jl Pembangunan Padang Harapan, Bengkulu.

Deretan tanaman sayur-sayuran jenis selada berwarna hijau cerah tumbuh subur di dalam rumah kaca. Selada ditanam dengan menggunakan air sebagai media tunam. Sistem hidroponik dipilih, karena dapat diaplikasikan pada lahan yang terbatas dengan penanaman bertingkat menggunakan pipa air.

Plt Ketua TP PKK Prov, Derta Wahyulin dan para pengurus belajar menyemai benih sayuran..

‘’Tanaman sayuran hidroponik TP PKK provinsi ini, merupakan kebun percontohan. Dan ini akan kita sosialisasikan ke TP PKK kabupaten/kota hingga ke tingkat kecamatan desa dan kelurahan,’’ jelas Derta.

Pemanfaatan perkarang melalui gerakan halaman asri teratur, indah dan nyaman tau Hatinya PKK ini merupakan salah satu upaya pemenuhan kebutuhan pangan dan gizi keluarga. Bahkan, bisa menjadi sumber pendapatan tambahan keluarga.

Kegiatan ini juga salah satu bentuk implementasi program pokok PKK, diantaranya mengamalkan nilai nilai gotong royong, pendidikan keterampilan,  serta melestarikan lingkungan hidup.

Lahan yang mempunyai luas lebih kurang setengah hektar ini, juga ditanami   cabe, terong, daun bawang dan berbagai pohon buah buahan. Selain itu, juga dipercantik dengan kolam dan dilengkapi kandang ayam yang dibudidayakan sebagai sumber protein hewani.

“Memanfaatkan perkarangan dengan bercocok tanam dan memelihara ternak, dapat mengurangi pengeluaran dalam memenuhi kebutuhan pangan, selain itu hasil panen juga dapat dijual sebagai sumber pendapatan keluarga,” ujar istri Plt. Gubernur Bengkulu, Rohidin Mersyah ini. (rjs)

 

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

*