Panitia sedang membuat rakit untuk lomba pacu rakit di Sungai Musi.

Di Sungai Musi Curup
Formi Gelar Lomba Pacu Rakit Bambu

REJANG LEBONG –  Federasi Olahraga Rekreasi Masyarakat Indonesia (FORMI) Rejang Lebong bakal menggelar lomba pacu rakit bambu. Lomba akan digelar di Sungai Musi di Desa Tanjung Beringin, Curup Utara, 16 – 23 April 2018.

‘’Saat ini sudah 16 tim peserta yang mendaftar. Tapi, hingga kini kita masih menerima pendaftaran peserta. Peserta dapat mendaftar di Sekretariat Formi di Jl Merdeka Curup dengan biaya pendaftaran Rp 100.000.  Atau dapat mendaftar di Kantor Camat. Sebab, undangan sudah kita sampaikan ke 156 Kades/Lurah dari 15 kecamatan,’’ jelas Ketua FORMI Rejang Lebong, Wahyuda Hendika, S.Sos didampingi Ketua Panitia Pelaksana, Hendriyanto dan Badri selaku humas panitia kepada potretbengkulu.com, Rabu, (11/4)

Ke-16 tim itu terdiri dari, 1 tim Curup Tengah, 4 tim Binduriang, 2 tim Curup Timur dan 9 tim asal Kecamatan Curup.

Kini, lanjut Badri, persiapan lomba sudah hampir rampung. Khususnya pembuatan rakit bambu. Panjang rakit bambu mencapai 8 meter. Tiap rakit akan dipacu 3 orang. Tiap orang menggunakan galah sepanjang 3 meter. Sedangkan panjang lintasan pacu rakit ini mencapai 100 meter.

‘’Peserta juga diperbolehkan menggunakan rakit buatan sendiri. Dengan catatan, ukuran rakit harus sama dengan rakit yang disiapkan panitia,’’ lanjut Badri.

Sementara Ketua Formi Rejang Lebong,  Wahyuda Hendika, S.sos menjelaskan, lomba pacu rakit ini merupakan salah satu upaya melestarikan olahraga tradisional berupa pacu rakit. Sehingga agenda ini bisa menjadi salah satu agenda wisata budaya.

‘’Olah raga tradisional ini perlu digalakan dan dilestarikan lagi,’’ ujar Wahyuda Hendika yang akrap disapa Andi Hijazi (rjs)

 

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

*