Kapolres Rejang Lebong, AKBP. Ordiva, SIK. (foto.rahman jasin)

‘’Pemilik Akun FB Hina Suku Rejang Ngaku Dibajak’’

REJANG LEBONG – Setelah menjalani pemeriksaan intensif  dan diamankan di Polres Rejang Lebong, pemilik akun facebook (FB)  Jusari, (24), warga Kelurahan Dusun Curup, Curup Utara, yang memuat status FB menghina Suku Rejang  akhirnya ‘’dilepas’’, Senin, (26/3).

‘’Hari ini Jusari kita izinkan pulang. Namun, Jusari tetap dikenakan wajib lapor di Polres,’’ jelas Kapolres Rejang Lebong, AKBP. Ordiva, SIK melalui Kasat Reskrim, AKP. Chusnul Qomar, SH, SIK, MM kepada potretbengkulu.com.

Menurut Kasat, Jusari memuat status di halaman FB-nya yang bernuansa SARA. Yakni, menghina Suku Rejang. Isinya: ‘’Hei aku ndak tanyo dgrub kamu orang ko kenapo harus ado orang rejang koseh. Resek nian orang rejang nilah apo lagi cewek2 nyoko murah nian cewek rejang kolah cowok2nya kampang maso Cuma petani dan berkebun usahanyo kan idak lepel nah satu lagi mkanan has rejang tuh dimakan tuh itu bauknyo busuk nian idak enak dimakan badminton lemea tu enaknyo dicampur daging babi itu biasonyo orang rejang galak makan tu. Jijik aku tengok orang rejang tu macam kutengok babilah’’

Status bernuansa SARA itu lanjut Kasat berhasil ditemukan tim patroli siber Polres Rejang Lebong. Sabtu, (24/3), pemilik aku FB itu langsung diperiksa di Polres.

‘’Status FB bernuansa SARA itu sempat menjadi viral. Bahkan, Ketua Ormas Jang Pat Petulai,  Rusdi Bakar dan sekretarisnya Aswandi, SPd yang mewakili  5 kabupaten di Provinsi Bengkulu sempat berkunjung ke Polres untuk bertemu dengan pemilik akun FB. Kedua pengurus Ormas itu menyerahkan sepenuhnya ada Polres dalam pengungkapan status yang bernuansa SARA ini,’’ papar Kasat.

Kepada penyidik, Jusari selaku pemilik akun FB yang memposting status bernuansa SARA itu mengaku akunya telah dibajak orang. Sehingga, status bernuansa SARA itu dibuat oleh orang yang membajak akun FB.

‘’Untuk membuktikan apakah akun FB milik Jusari benar-benar dibajak atau tidak, kita sudah meminta bantuan ahli,’’ demikian Kasat Reskrim, AKP. Chusnul Qomar. (rjs)

 

 

 

 

 

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

*