Pelabuhan Pulau Baai Bengkulu. (foto.ist)

Pelabuhan Pulau Baai Penggerak Ekonomi Bengkulu

BENGKULU – Plt Gubernur Bengkulu, Rohidin Mersyah, berharap Pelabuhan Pulau Baai Bengkulu yang dikelola PT Pelabuhan Indonesia (Pelindo) II dapat menjadi penggerak ekonomi Provinsi Bengkulu.

“Bagaimana bisa menjadi penggerak ekonomi jika tidak difungsikan dengan baik. Jadi untuk mewujudkannya memang harus didukung hal itu. Apalagi seperti sekarang ini, ada beberapa perencanaan pembangunan di sekitar lokasi pelabuhan Pulau Baai yang juga didukung dengan rencana pengembangan bandara, rel kereta api, serta pembangunan PLTU berkapasitas 2 x 100 MW,” ungkap Rohidin.

Menurutnya, jika semua itu terintegrasi dan dikelola secara baik, niscaya keberadaan pelabuhan Pulau Baai benar-benar menjadi penggerak ekonomi di daerah ini. “Ditambah jika nanitnya Kawasan Ekonomi Khusus (KEK) itu disetujui, saya jamin pertumbuhan ekonomi di Provinsi kita ini bisa berjalan dengan cepat,” kata Rohidin.

Disisi lain, Rohidin menyampaikan, dari sisi pemerintahan Ia akan memperbaiki birokrasi supaya lebih produktif dan profesional lagi. “Karena untuk mewujudkan pertumbuhan ekonomi Bengkulu juga harus memiliki birokrasi yang sehat. Makanya terkait masalah ini, sejak awal saya minta OPD di lingkungan Pemprov dapat membuka diri,” tegasnya.

Sebelumnya, Direktur Komersial dan Pengembangan Usaha PT Pelindo II, Saptono Rahayu Irianto mengatakan, bukan barang mustahil ekonomi Bengkulu tumbuh cepat dengan pengelolaan pelabuhan Pulau Baai.

“Terlebih Bengkulu saat ini menjadi perhatian pusat, karena diyakini dengan keberadaan pelabuhan Pulau Baai dapat mengekspor barang secara langsung ke luar negeri. Kondisi ini didukung banyaknya komoditi di Bengkulu,” demikian Saptono. (P-03)

 

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

*