Uang palsu yang ditemukan di salah satu Counter Celullar di Kelurahan Sukaraja, Curup, Jum'at, 8 Desember 2017. (foto.ist)

Uang Palsu Pecahan Rp 100 Ribu Beredar di Curup

REJANG LEBONG – Uang palsu (Upal) pecahan Rp. 100.000 baru ditemukan di Kota Curup, Rejang Lebong. Upal tersebut ditemukan disalah satu counter celuler di Kelurahan Sukaraja, Curup Timur, Jum’at, (8/12).

‘’Duit palsu itu baru diketahui pagi ini–Jumat (8/12). Saat saya sedang menghitung ulang hasil penjualan. Duit palsu itu Rp. 100 ribu keluaran baru itu berbeda dengan duit asli,’’ terang Yulianti (23), penjaga Counter Celluler – di  Kelurahan Sukaraja.

Dikatakan, uang pecahan Rp 100 ribu yang berbeda itu langsung diteliti. Lalu, Yulianti menemukan perbedaan yang mencolok. Pertama ukuran uang kertas palsu itu lebih lebar dibanding uang asli.

‘’Kalau duit asli ada benang di bagian tengah. Nah kalau yang palsu benangnya hanya berbentuk gambar saja. Ketika diterawang tidak terdapat Watermark gambar pahlawan,’’ tutur Yulianti.

Sebelumnya, Yulianti juga mengaku pernah menemukan uang palsu pecahan Rp. 50 ribu. Dan uang palsu itu langsung dimusnahkan.

Sementara itu, Kapolres RL. AKBP. Napitupulu Yogi Yusuf melalui Kasat Reskrim, AKP. Chusnul Qomar, SH, Sik mengimbau kepada masyarakat untuk jeli dalam bertransaksi apalagi dengan menggunakan mata uang, karena jika tidak bisa menjadi korban selanjutnya.

‘’Memang belum banyak laporan terkait upal keluaran baru. Tapi, kita tetap mengimbau masyarakat agar lebih berhati-hati dan jeli dalam melakukan transaksi,’’  kata Kasat. (P-04)

 

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

*