Dinding rumah warga Ali Mardinus, di Desa Taba Baru, Lebong Atas,ambrol diguncang gempa 5,1 SR, pukul 03.46 WIB, Rabu, 6 Desember 2017. (foto,ist)

Diguncang Gempa Bumi 5,1 SR 4 Rumah di Desa Taba Baru Amrol

LEBONG- Gempa bumi berkekuatan 5,1 SR mengguncang wilayah Lebong. Getar gempa tektonik itu terjadi pukul 03.46 WIB, Rabu, (6/12).

Kendati tidak menimbulkan korban jiwa, namun guncangan gempa itu telah merusak rumah-rumah warga di Desa Taba Baru Kecamatan Lebong Atas, Lebong. Diantaranya rumah Isman, rumah Ali Mardinus, rumah Ra dan rumah Riskan. Bahkan, melukai gadis kecil Serin Safitri warga Desa Taba Baru yang saat itu sedang tidur di kamar, tertimpa reruntuhan dinding.

Kondisi terparah terjadi di rumah Ali Mardinus. Dinding di ruang tamu dan kamar tidur ambrol.  Untung saja, dinding rumah terbuat dari bidai bambu yang dilapisi semen. Sehingga semen pelapisnya saja yang ambrol.

‘’Begitu rumah bergetar dan berguncang, kami langsung terbangun dan melompat dari tempat tidur,’’ ujar Lisa, salah seorang warga Muara Aman, Lebong.

Hal senada disampaikan Ashlan. Menurut Ashlan, guncangan gempa bumi itu bukan hanya mengagetkan. Tapi juga merusak dinding rumah-rumah warga dengan konstruksi semi permanen. Khususnya rumah rumah warga di Desa Taba Atas.

‘’Jumlah rumah yang rusak dan korban luka masih belum diketahui. Sebab, saat ini masih dilakukan pendataan. Yang jelas rumah yang rusak seperti dindingnya jebol dan amrol itu diperkirakan mencapai puluhan rumah,’’ jelas Ashlan, warga Lebong yang hingga pukul 06.30 WIB, pagi ini masih melakukan pemantauan di lokasi gempa Desa Taba Baru. (rjs)

 

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

*