Sungai Ketahun dan Sungai Air Kotok meluap, Lebong Direndam banjir, pukul 06.00 WIB, Kamis, 23 November 2017. (foto.ist)

2 Sungai Meluap Lebong Direndam Banjir

LEBONG- Diguyur hujan lebat, air Sungai Ketahun dan Sungai Air Kotok, Lebong meluap. Akibatnya 5  kecamatan direndam banjir, pukul 06.00 WIB, Kamis, (23/11).

Luapan air Sungai Ketahun dan Sungai Air Kotok menggenangi  ratusan rumah dengan ketinggian air  10 CM – 1 meter. Termasuk, menjebol kolam ikan dan merusak lahan persawahan petani. Desa-desa yang terendam banjir itu diantaranya, Desa Lemeu, Bentangor,  Bangkalan Kecamatan Uram Jaya. Serta Desa Lebong Donok dan Desa Tunggang Kecamatan Lebong Utara. Termasuk Desa Nangai Tayu dan Desa Sungai Gerong Kecamatan Amen.

‘’Selain itu, banjir juga merusak 2 jembatan gantung di Sungai Ketahun dan Sungai Air Kotok di wilayah Desa Ujung Tanjung III, Lebong Sakti. Serta jembatan di Desa Karang Anyar, Lebong Tengah,’’ jelas Dandim 0409 Rejang Lebong, Letkol.Kav.Budi Wirman yang langsung turun ke lokasi bencana, Kamis, (23/11).

Dandim 0409 RL langsung memantau bencana banjir di Lebong, Kamis, 23 November 2017. (foto.ist)

Air Sungai Ketahun juga menggenangi  rumah-rumah warga di pinggir jalan lintas Lebong – Curup di Desa Ujung Tanjung dan Desa Sukabumi Kecamatan  Lebong Sakti. Serta  Kelurahan  Embong Panjang Kecamatan  Lebong Tengah. Akibatnya, arus lalulintas Lebong-Curup terputus pukul  06.00 WIB – 11.00 WIB.

‘’Tidak ada korban jiwa dalam bencana banjir ini. Warga yang rumahnya terendam mengungsi ke rumah keluarga dan tetangga yang tidak banjir. Hingga pukul 23.00 WIB air mulai menyusut tapi cuaca tetap mendung. Sedangkan nilai kerugian materi belum diketahui karena masih dalam proses penghitungan,’’ kata Dandim.

Untuk membantu warga, personel TNI dan Polri serta BPBD Lebong diturunkan. Selain itu, badan jalan aspal juga amblas. Khususnya badan jalan aspal di Kelurahan Tanjung Agung Kecamatan Pelabai yang merupakan wilayah perbatasan Koramil 01/Lebong Utara Muara Aman dengan Koramil 07/Lebong Atas. Tepatnya, di jalan raya sebelum Simpang Danau Picung menuju Rumah Dinas Bupati Lebong. Tiang listrik di Desa Tik Tebing, Lebong Atas juga roboh.

Badan jalan di Kelurahan Tanjung Agung, Pelabai yang amblas langsung diperbaiki. (foto.ist)

Badan jalan yang amblas sedalam 1,5 meter itu langsung diperbaiki Dinas PU Lebong dan PT. Statika Mitra Sarana. 2 alat berat diturunkan untuk meratakan jalan yang bergelombang dan retak. Serta menimbun badan jalan dengan batu jalan yg amblas sedalam 1,5 meter. Menjelang pukul 15.50 WIB, badan jalan sudah bisa dilintasi kendaraan roda 2 dan roda 4 dengan sistem buka tutup. (rjs)

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

*