benih ikan

BBI Peraduan Binjai Siapkan 150.000 Bibit Ikan Nila

KEPAHIANG – Kepala Dinas Ketahanan Pangan dan Perikanan Kepahiang, Ir.Taufik, terus berusaha meningkatkian produktivitas Balai Benih Ikan (BBI) di Desa Peraduan Binjai, Tebat Karai Kepahiang.

Kepala Dinas Ketahanan Pangan dan Perikanan Kepahiang, Ir.Taufik

‘’Kita sudah mendapat bantuan 2000 indukan ikan nila. Kini, indukan itu sudah menghasilan sekitar 150.000 bibit ikan yang dibesarkan 5 kolam pembesaran. Target kita BBI dapat menyiapkan 500.000 bibit ikan,’’ jelas Taufik, Selasa, (14/11).

Selain menyiapkan bibit ikan nila, BBI juga akan menyiapkan bibit ikan mas. Soalnya, BBI sudah mendapat bantuan 5.000 indukan dari Kementerian Kelautan dan Perikanan RI.

‘’50 persen bibit ikan nila dan ikan mas ini akan kita jual kepada petani petambak sebagai PAD. Sisanya akan kita gunakan untuk pengembangan keramba jala apung di Danau Suro Ilir. Serta akan dilepaskan di kawasan perairan terbuka. Sehingga di tahun 2018 nanti, Kepahiang kembali menjadi lumbung ikan,’’ papar Taufik.

Menurut Taufik, konsolidasi Dinas Ketahanan Pangan dan Perikanan ini sudah dilakukan mulai ditingkat kabupaten, provinsi dan pusat. ‘’Saya baru saya bertemu dengan Sekjen Kementerian Keluatan dan Perikan RI. Intinya, Pak Sekjen siap membantu pengembangan perikanan di Kepahiang,’’ katanya. (rjs).

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

*