Bupati serahkan bantuan paket lampu tenaga surya untuk petani desa terpencil di Bermani Ilir, Minggu, (6/1)

Di Embong Ijuk
Bupati Serahkan Paket Lampu Tenaga Surya untuk Petani

KEPAHIANG– Bupati Kepahiang, Dr.Ir.Hidayatullah Sjahid, MSi, menyerahkan lampu tenaga surya hemat energi (LTSHE) untuk 5 desa di wilayah Bermani Ilir. Bantuan dari Ditjen Energi  Baru Terbarukan, Kemen ESDM itu diserahkan di Desa Embpong Ijuk, pukul 13.00 WIB, Minggu, (6/1).

Penyerahkan bantuan untuk 111 warga itu dihadiri Irjen Kementerian ESDM, Prof.Dr. Akhmad Suakhroza, Camat Bermani Ilir, A.Gani.

Kepala Desa Embong Ijuk, Nasri sendiri mengucapkan ribuan terima kasih kepada Kementerian ESDM dan Pemerintah Kabupaten Kepahiang yang telah memberikan bantuan untuk warganya.

“Dengan adanya bantuan ini, warga kami yang terisolir dari aliran listrik. Sekarang sudah dapat menikmati listrik. Untuk itu, atas nama warga kami ucapkan banyak terimakasih,” sampai Nasri dalam sambutannya.

Bupati foto bersama petani penerima bantuan paket lampu tenaga surya

Sementara itu, Bupati Kepahiang  Hidayattullah Sjahid menjelaskan, bantuan  ini diberikan untuk 5 desa di Bermani Ilir dan Muara Kemumu dengan jumlah bervariasi 50 – 75 titik  per desa.

‘’Bantuan ini merupakan usaha pra elektrifikasi sebelum ada jaringan listrik masuk desa-desa tertinggal, terpencil dan terluar yang masih kurang penerangan,’’ kata Bupati.

Bupati juga mengimbau  warga Desa Embong Ijuk untuk  memanfaatkan bantuan ini sebaik mungkin.

“Semoga bantuan ini dapat bermanfaat bagi masyarakat Embong Ijuk dan mendapatkan ridho dari Allah SWT. Kami juga berharap ada menu-menu lain dari Kementerian ESDM yang dapat disalurkan ke Kabupaten Kepahiang. Insya Allah, akan kami laksanakan dengan baik,” tutur Bupati.

Sedangkan Inspektur Jendral KESDM, Prof.Dr. Akhmad Syakhroza menyampaikan bahwa LTSHE ini merupakan salah satu solusi penerangan dan energi listrik yang difokuskan bagi perdesaan yang terisolir dan sulit dijangkau oleh PLN.

“Program pemasangan LTSHE ini merupakan program terobosan untuk menerangi masyarakat yang belum mendapatkan akses listrik. Ada 2.500 desa di seluruh Indonesia akan mendapatkan paket LTSHE ini, terutama di kawasan perbatasan dan tertinggal,” sampai Akhmad.

Ditambahkan Akhmad, Program LTSHE ini juga merupakan salah satu perwujudan dalam mensukseskan program Nawa Cita dari Pemerintah Republik Indonesia yaitu membangun Indonesia dari Pinggiran dengan memperkuat Daerah dan Desa dalam kerangka kesatuan. “Akhirnya, semoga dengan adanya pemasangan LTSHE ini dapat memberikan manfaat bagi masyarakat desa Embong Ijuk,” tandas Akhmad.

Acara dilanjutkan dengan penyerahan secara simbolis Paket LTSHE kepada warga Embong Ijuk. Untuk diketahui paket LTSHE ini terdiri dari 1 panel surya, 1 rol kabel listrik, 4 buah lampu hemat energi, terminal, dan kabel charger telepon genggam.(rjs)

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

*