Peserta pelatihan pembuatan dan pengemasan sirup jeruk kalamansi yang digelar IWAPI Bengkulu, Rabu, (5/12)

IWAPI Gelar Pelatikan Pembuatan dan Pengemasan Sirup Jeruk Kalamansi

BENGKULU – Puluhan Ibu Rumah Tangga (IRT) yang merupakan penggiat Usaha Kecil dan Menegah (UKM) dibekali pengetahuan tentang pengemasan produk. Ini bertujuan agar produk yang dihasilkan tersebut bisa meningkat pada saat dijual dipasaran, sehingga berdampak positif terhadap pertumbuhan ekonomi masyarakat.

“Kemasan merupakan salah satu faktor yang memiliki pengaruh cukup besar untuk menumbuhkan minat beli suatu produk. Maka dari itu kita memberikan pelatihan tata cara pengemasan kepada IRT yang merupakan penggiat UKM,” ungkap Ketua IWAPI Provinsi Bengkulu, Trisna Angraini, S.Ip, MM yang bekerjasama dengan Forkomwil Puspa Bengkulu disela-sela pelatihan, Rabu (5/12).

Hari ini (kemarin, red), lanjut Trisna, pelatihan yang diberikan berupa membuat produk sirup kalamansi, yang kemudian dilanjutkan dengan cara pengemasan. “Pengemasan ini kita tetap menggunakan branding Sirup Kalamansi Bengkulu Maju Besamo. Tentu saja ini sebagai langkah awal, yang bertujuan agar produk lainnya bisa dikemas secara baik juga,” kata Trisna.

Menurutnya, kemasan merupakan suatu hal yang penting dalam meningkatkan penjualan suatu produk, termasuk juga nilai jualnya. “Karena dengan mengemas produk sebaik mungkin, diyakini dapat menumbuhkan minat beli. Jika nantinya yang membeli banyak, secara otomatis berdampak terhadap tumbuhnya ekonomi masyarakat,” tegas Trisna.

Tak jauh berbeda disampaikan Ketua BKOW Provinsi sekaligus Ketua Forkomwil Puspa Bengkulu, Asmeri Yosita Nopian. Ia menambahkan, tampilan kemasan memiliki pengaruh yang besar bagi masyarakat penggiat UKM untuk memasarkan produknya. “Daerah kita ini memiliki banyak produk UKM, sayangnya belum diiringi pengemasan yang baik. Makanya melalui pelatihan ini kita berharap nantinya kemasan produk UKM bisa baik, dan berdampak pada daya tarik pembeli,” ujarnya.(P-03)

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

*